Rabu, 11 April 2012

cara membuat kaligrafi kuningan (seni budaya XI)

MEMBUAT KALIGRAFI KUNINGAN



Cara membuat kaligrafi kuningan di al-wildancraftshop adalah sebagai berikut :

  • Tahap pertama dalam membuat kaligrafi kuningan adalah pemilihan bahan, Sebelum membuat kaligrafi kuningan , biasanya kami memilih bahan kuningan yang campuran timahnya paling rendah sehingga mudah untuk di gores.

  • Tahap yang kedua dalam membuat kaligrafi kuningan adalah pembuatan desain, membuat kaligrafi kuningan didesain dengan menggunakan coreldraw atau dengan cara manual (langsung dengan alat tulis)

  • Tahap yang ketiga dalam membuat kaligrafi kuningan adalah menduplikatkan desain, setelah desain jadi kita duplikatkan keukuran yang kita inginkan.
Setelah proses penduplikatan selesai dan kita mendapatkan hasil yang kita inginkan barulah kita melangkah ke proses selanjutnya yaitu yang di sebut penggoresan.

  • Tahap yang keempat dalam membuat kaligrafi kuningan adalah penggoresan, sebelum kita mulai menggores plat kuningan yang akan kita buat kaligrafi kita siapkan terlebih dahulu alat-alat yang akan digunakan untuk menggores yaitu pena atau pensil, lankah selanjutnya kita letakkan plat kuningan diatas meja, tapi jangan lupa untuk meletakkan spon atau karet lembaran di atas meja supaya plat mudah digores dan tidak rusak. Setelah siap letakkan duplikat desain yang telah kita buat tadi diatas plat kuningan. Proses selanjutnya mulailah menggoreskan pena atau pensil mengikuti desain yang telah kita buat tadi. Setelah selesai untuk menambahkan kesan timbul pada tulisan kita buat garis pada plat bagian belakang sesuai kreasi kita. Setelah semua selesai melangkah ke tahap selanjutnya yaitu proses yang disebut nitiki (membuat titik) ini dimaksudkan supaya tulisan lebih mendapat kesan timbul.

  • Tahap yang kelima dalam membuat kaligrafi kuningan adalah nitiki sebelum kita mulai nitiki kita tempelkan dahulu plat kuningan yang telah kita gores tadi keatas media kayu (triplex) dengan menggunakan lem, setelah itu mulailah proses membuat titik satu persatu sampai semua bagian kosong terisi kecuali goresan yang telah kita buat.Setelah semua selesai tahap selanjutnya yaitu finishing

  • Tahap yang keenam membuat kaligrafi kuningan yaitu finishing untuk tahap awal finishing yaitu memberikan cairan pembersih pada plat yang telah kita buat tadi dan setelah itu memberikan cairan pengkilap pada plat kuningan. (ingat gunakan bahan yang lunak supaya media yang telah kita buat tadi tidak rusak)
Tahap terakhir dalam membuat kaligrafi kuningan adalah meletakkan pada figura
Demikianlah pelajaran kita hari ini semoga bermanfaat dan anda bisa membuat kaligrafi sendiri dari kuningan.













0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar