Rabu, 25 April 2012

kata kerja (bahasa Arab XII)

Kata Kerja (Fiil) Bahasa Arab

Kata Kerja (Fiil)

Pelajaran ke-3 Belajar Bahasa Arab membahas tentang apa itu kata kerja atau fi'il (الِفعْلُ) dan bagaimana mengetahui sebuah kata kerja dalam bahasa Arab.


وَاْلفِعْلُ يُعْرَفُ بِقَدْ وَالِسْينِ وَسَوْفَ وَتَاءِ التَّأنِيْثِ السَاكِنَةِ

Kata kerja atau fi'il (الفعل) dapat diketahui dari adanya qod (قَدْ), sin (س), sawfa (سَوْفَ), ta' ta'nits yang sukun (ت).



PENJELASAN:

Kata kerja dalam bahasa Arab disebut fi'il (الفعل). Atau kalimah fi'il. Ingat, kata "kalimah" dalam istilah bahasa Arab berbeda maknanya dengan "kalimat" dalam bahasa Indonesia. Silahkan merujuk ke Pelajaran Pertama Bahasa Arab untuk info lebih detail.

Kata kerja (verba) secara umum adalah kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Jenis kata ini biasanya menjadi predikat dalam suatu frasa atau kalimat. Contoh, Ali membeli baju (يَشْتَرِيْ عَلِيٌ الثَوْبَ). Kata membeli adalah kata kerja yang statusnya menjadi predikat.

Dalam bahasa Arab, kata kerja disebut dengan fi'il (الفعل).

Selain dari memahami makna sebuah kata, mengetahui sebuah kata itu kata kerja atau bukan dapat diketahui dengan salah satu dari empat tanda fi'il berikut:

  1. قَدْ atau qod. Suatu kata yang didahului (jatuh setelah) kata qod (قَدُ) pasti fi'il (kata kerja). Contoh, قَدْ أَفْلَحَ الُمؤْمِنُوْنَ (Artinya: Orang mukmin sungguh beruntung). Kata أَفْلَحَ pasti fi'il karena jatuh setelah kata قد
  2. سين. Apabila suatu kata terletak setelah kata sambung huruf sin yang bermakna "akan", maka ia pasti fi'il. Contoh, سَيَجِيْئُ مُحمَّدٌ (Muhammad akan datang)
  3. سَوْفَ. Contoh, سَيَجِيْئُ عُمَرُ (Umar akan datang)
  4. تَاءالتَاءْنِيْث الساكِنَة (ta' ta'nits yang sukun). Contoh, ذَهَبَتْ فَاطِمَةُ (Fatihmah pergi)

CATATAN:

Dalam bahasa Arab, mengetahui suatu kata itu isim atau fi'il sangat penting. Karena itu berkaitan dengan status i'rab kata itu sendiri dan status i'rab kata yang jatuh setelahnya. Tentang i'rab (الإعراب), lihat di Bab I'rab.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Poskan Komentar